5 REKOMENDASI PILIHAN OLEH-OLEH MALANG, YANG WAJIB KAMU BELI!

Foto oleh-oleh khas malang yaitu Apel Celup Dan Malang Strudel Foto oleh-oleh khas malang yaitu Apel Celup Dan Malang Strudel

Malang merupakan sebuah kota yang mempunyai pesona yang ditawarkan tidak hanya dari alamnya saja, namun banyak juga oleh-oleh khas Malang. Malang terkenal dengan apelnya, maka seiring dengan perkembangan pariwisata yang dimiliki kota Malang, maka tentu banyak pula pilihan oleh-oleh yang bisa dipilih sebagai surga belanja bagi para pengunjung yang berkunjung. Ditambah dengan suasana yang sejuk di kota Malang yang menyebabkan banyak wisatawan domestik maupun asing yang kemudian tertarik untuk mengunjungi kota ini. Rasanya kurang lengkap jika kamu berkunjung tetapi tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat dirumah. Berikut beberapa rekomendasinya

1. Jenang Apel

Jenang apel merupakan makanan yang bahan dasarnya berbeda dengan jenang secara umum. Jenang apel yang termasuk oleh-oleh khas Malang mempunyai tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Namun tidak semua buah apel bisa digunakan sebagai bahan membuat makanan khas Malang ini. Hanya buah apel yang telah matang saja, namun tingkat kematangan juga juga tidak boleh terlalu matang serta tidak ada tanda kebusukan. Dan tidak hanya buahnya saja yang diambil, kulit dari buah apel yang berwarna hijau ini bisa digunakan sebagai bahan membuat selai yang akan berubah menjadi jenang. Jenang apel bisa bertahan selama tiga bulan. Namun sangat berbeda dengan sari buah apel yang memiliki ketahanan hingga satu tahun, karena masa berlakunya yang hanya sebentar, maka pemasaran jenang apel hanya di sekitar Malang dan daerah sekitar.

2. Puthu Lanang Celaket

Puthu adalah makanan yang mempunyai bahan dasar dari tepung beras, kelapa, serta gula merah. Arti Lanang adalah agar bisa membedakan dengan makanan tradisional lain, yakni putu ayu. Sedangkan Celaket adalah lokasi wisata kuliner yang telah bertahan dari tahun 1935 hingga saat ini di kota Malang. Pada awalnya, namanya bukan ‘Puthu Lanang’, tetapi ‘Puthu Celaket’. Hal ini dikarenakan tempat untuk berjualan yang berlokasi di Celaket karena adanya pesaing yang juga menamakan diri dengan ‘Puthu Celaket’, maka berganti nama dengan ‘Puthu Lanang’. Puthu Lanang Celaket terdiri dari beberapa bahan, yakni putu, lupis, cenil, dan klepon sangat khas, yakni diletakkan diatas daun, yaitu daun pisang kemudian, disiram dengan gula merah yang telah dijadikan karamel. Tidak hanya gula merah tetapi ditambah juga dengan taburan parutan kelapa. Perpaduan dari gula merah dan  kelapa menjadikan Puthu Lanang Celaket jajanan yang menciptakan sensasi luar biasa.

3. Malang Strudel

Jika pada umumnya orang-orang membeli oleh-oleh khas Malang yang biasa yakni apel, maka kamu bisa mencoba untuk membeli oleh-oleh lainnya, salah satunya adalah Malang Strudel. Strudel merupakan kue pastry asal Austria yang dibuat dari adonan berupa tepung dan bahan kue lain,  kue manis ini bisa kamu beli sebagai oleh-oleh kekinian dari kota Malang. 

4. Sari Apel

Oleh-oleh khas malang selanjutnya adalah Sari Apel. Seiring dengan berjalannya pembuatan olahan apel sehingga telah banyak muncul berbagai merk. Pembuatan dari sari apel menggunakan tenaga mesin dan manusia sehingga mutu dari produk ini terjamin berkualitas. Untuk menjamin mutunya, pada akhir produk sari apel dites menggunakan aerometer yang sudah SNI.  Di dalam sari apel terdapat banyak kandungan yang memiliki manfaat, seperti mencegah kanker, menyehatkan paru-paru, mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan, meredakan diare, dan menjaga kesehatan gigi berkat kandungan taninnya yang bisa mencegah kerusakan gigi.

5. Bakpao Telo

Bakpao adalah makanan yang memang berasal dari Negara Republik China. Bahan dasar dalam proses pembuatan menggunakan tepung terigu. Namun, Bakpao Telo mempunyai inovasi bahan dasar makanan, maka Bakpao dibuat dengan bahan dasar ubi jalar. Meski telo telah mengalami perubahan pengolahan dan perubahan bentuk dalam berbagai jenis jajanan, seperti es krim telo, tetapi kamu masih dapat merasakan serat yang berasal dari telo. Tekstur yang disajikan  memang sangat lembut, akan tetapi rasa telo tidak pernah hilang.

Nah itulah 5 rekomendasi oleh-oleh khas Malang jika kalian sedang berlibur di sana yang bisa kamu beli dan kamu berikan kepada keluarga , teman ataupun pasanganmu.